Informasi Batu Akik Bongkahan serta Batu Mulia

Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan

Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan - Hallo sahabat Pusat Batu Bongkah Cempaka Garut, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel berita batu, Artikel hijau garut, Artikel ohen, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan
link : Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan

Baca juga


Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan

Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan

Bila Anda pecinta batu akik pasti sudah tahu dengan yang namanya Jakarta Gemstone Center alias Rawa Bening di kawasan Jakarta Timur. Mau cari batu apa saja ada di sana, mulai dari batu Bacan yang sedang tenar sampai batu impor dari luar negeri. Tapi ada satu jenis batu yang jarang atau susah dicari di Rawa Bening, tak lain batu akik Ijo Ohen.

Jenis apa batu akik Ijo Ohen ini? Batu akik ini dikenal sebagai batu hijau Garut kelas super. Batu ini dinamakan batu Ohen karena yang menemukannya Aki Ohen, seorang petani warga Bungbulang, Garut.

Asep Kuswara yang akrab disapa Wa Asep, pemilik Kencana Gemstone di Jl Sudirman, Garut yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia akik menuturkan kisah batu ijo Ohen ini. Ditemui akhir pekan lalu, Asep menjelaskan kalau batu hijau itu ditemukan secara tak sengaja oleh Aki Ohen di sawahnya.

"Jadi saat itu, sekitar tahun 70-an, Ki Ohen sedang di sawah. Saat sedang mencangkul dia menemukan batu berwarna hijau dan menyala," jelas Asep.

Di Garut saat itu di kawasan Bungbulang memang tengah mulai bergeliat upaya pencarian akik. Penemuan batu oleh Ki Ohen itu pun kemudian menjadi buah bibir, batu itu berbeda dengan yang lainnya. Bongkahan batu yang cukup besar itu disimpan Ohen di rumahnya. Hingga suatu hari masih di tahun 70-an itu, seorang kolektor asal Bogor datang ke rumahnya dan membeli batu seharga Rp 1,5 juta.

"Dari kisah Aki Ohen itu kemudian para pencari batu semakin ramai," imbuh Asep.

Kembali ke Rawa Bening, detikcom mencoba mencari tahu pasaran harga batu Ijo Ohen. Beberapa toko besar penjual akik di Rawa Bening angkat tangan soal batu itu. Mereka mengaku sudah lama batu itu tak ada di pasaran. Kalaupun ada itu di tangan kolektor. Batu Garut yang biasa ada, tapi tak selegendaris Batu garut Ijo Ohen.

"Saya jual dua tahun lalu, ukurannya 20x14x6 mm, itu harganya saja sudah Rp 15 juta," jelas Ivan yang sudah lebih dari 5 tahun berdagang di Rawa Bening.

Menurut dia, kualitas Ijo Ohen yang lebih bagus dari Bacan membuatnya diburu para kolektor. Tapi memang sedikit yang tahu soal Ijo Ohen itu, hanya kolektor lama saja. Para pecinta akik yang baru-baru umumnya lebih mencari Bacan.

"Kualitas nggak jauh dari bacan. Tapi memang lebih bagus. Yang punya kebanyakan kolektor, jarang dijual pasaran. Kalau ada bisa sampai Rp 35 juta yang ukuran kecil sekarang ini," tutup Ivan.

Anda tertarik berburu batu Ijo Ohen Garut? Ikuti kisah perburuannya di berita selanjutnya.
 
Sumber : detik


Demikianlah Artikel Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan

Sekianlah artikel Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan dengan alamat link https://pusatbatugarut.blogspot.com/2019/04/pusat-batu-bongkah-cempaka-history-batu.html
0 Komentar untuk "Pusat Batu Bongkah Cempaka - History Batu Akik Garut Ijo Ohen yang Langka dan Lebih Mahal dari Batu Bacan"

Back To Top